6 Tips untuk Mendominasi SEO Mobile

6 Tips untuk Mendominasi SEO Mobile : Disaat persaingan untuk mendominasi SEO sangatlah ketat, muncul sebuah arena persaingan baru yaitu SEO Mobile. Bisa dikatakan jumlah pengguna handphone yang terdaftar saat ini (sekitar 6,8 miliar) hampir sama dengan jumlah penduduk di seluruh dunia (sekitar 7 miliar). Hal ini berarti bahwa SEO mobile menjadi sebuah kategori yang tidak bisa diabaikan begitu saja.

Saat Google mempredisikan pada akhir tahun 2014, pencarian melalui handphone akan melebihi jumlah pencarian yang dilakukan melalui desktop, sebuah pesan juga dikirimkan kepada perusahaan-perusahaan serta para marketer diluar sana, bahwa pengembangan strategi SEO mobile sangatlah diperlukan.

Pada awalnya, penggunaan internet lebih banyak dipergunakan sebagai cara untuk mendapatkan informasi, namun seiring dengan perkembangan website, manfaat dan fungsi penggunaan internet semakin bertambah banyak, dan hal ini juga membuat perilaku para penggunanya turut berubah.

Saat ini sudah sangatlah umum bagi orang-orang untuk melakukan pencaharian dengan menggunakan alat yang berbeda-beda demi mendapatkan hasil pencarian yang lebih baik lagi, walaupun metode pencarian tersebut bisa berbeda-beda tergantung alat yang dipergunakan. Pencarian dengan menggunakan desktop pada umumnya lebih bersifat santai dan dilakukan hanya pada waktu-waktu tertentu dan hanya untuk jangka waktu singkat. Hal yang sangat berbeda bisa ditemukan untuk proses pencarian dengan menggunakan handphone atau pencarian secara mobile.

Saat melakukan pencarian melalui sebuah handphone, pada umumnya para pencari sedang berada dalam perjalanan dan sedang mencari informasi yang spesifik ataupun jawaban yang pasti, yang pada umumnya disediakan oleh penyedia jaringan dan juga para pengusaha lokal. Proses pencarian secara mobile juga umumnya melibatkan kalimat yang panjang yang berupa sebuah pertanyaan. Inilah perbedaan-perbedaan antara pencarian yang dilakukan melalui desktop dan pencarian secara mobile.

seo mobile

6 Tips untuk Mendominasi SEO Mobile

Walaupun banyak strategi SEO tradisional yang bisa diaplikasikan untuk SEO mobile, ada juga beberapa perbedaan diantaranya. Berikut ini adalah 6 tips untuk menciptakan strategi SEO mobile yang sukses dan efektif, yang akan membantu Anda mendapatkan hasil yang memuaskan tahun ini:

Tip 1 : Penggunaan Kata Kunci masih Sangat Penting

Segala jenis kampanye marketing SEO memiliki satu kesamaan yaitu dalam upaya optimasi konten dan penggunaan kata kunci yang memiliki peran yang sangat penting dalam mencapai kesuksesan. Saat Google sedang menjelajahi sebuah website (baik secara mobile ataupun tidak), konten atau isi dari website tersebut akan diteliti untuk memastikan relevansinya dengan pencarian tertentu. Oleh karena itu, sangatlah penting untuk mengenal target konsumen Anda, memahami apa yang mereka cari dan penggunaan kata kunci yang memiliki hubungan dengan informasi yang Anda sampaikan dalam website Anda.

Letakkan kata kunci yang ada secara strategis di dalam konten atau isi website Anda (namun hindari tekhnik “stuffing” atau memenuhi isi konten dengan kata kunci tertentu, karena trik tersebut tidak akan berhasil). Tingkat kepadatan kata kunci bukanlah hal yang paling penting, namun tingkat akurasi kata kunci tersebut adalah hal yang paling penting. Jika Anda memiliki kesulitan dalam pemilihan kata kunci yang tepat, penggunaan alat seperti Google Keyword Tool dan Ubersuggest bisa membantu Anda memilih kata kunci yang tepat yang sesuai dengan target konsumen Anda.

Tip 2 : Tidak Berlebihan

Salah satu hal penting yang perlu diingat saat pengembangan strategi mobile SEO adalah mengenai ukuran layar handphone yang jauh lebih kecil dibandingkan dengan desktop, dan orang-orang hanya mencari informasi yang penting saja, jadi buatlah sesederhana mungkin. Tidak perlu menggunakan fitur desain yang tidak perlu, buatlah sistem navigasi yang mudah dipergunakan dan pergunakan kalimat ajakan yang jelas. Pastikan bahwa semua informasi yang ada pada website Anda mudah untuk dibaca dan mudah untuk ditemukan dengan membatasi pilihan yang ada. Tunjukkan hany hal-hal yang para pengguna perlu ketahui. Dengan melakukan hal-hal tersebut, maka Anda akan menyediakan pengalaman pencarian yang lebih baik dan juga meningkatkan kemungkinan bahwa website Anda juga akan dikunjungi oleh para pengguna yang mencari informasi dengan menggunakan desktop.

Tip 3 : Tingkatkan Kecepatan Loading

Kecepatan download adalah salah satu faktor utama pada proses pencarian mobile. Jika Google mendeteksi bahwa kecepatan download website Anda tidak sesuai dengan harapan, maka Google akan menurunkan peringkat Anda, dan mencegah nama website Anda untuk muncul di halaman hasil pencarian secara mobile. Upaya untuk memastikan bahwa website Anda memiliki tingkat kecepatan loading yang tinggi secara mobile adalah hal yang sangat penting, mengingat sekitar 74% para pengguna akan meninggalkan website yang memakan waktu lebih dari 5 detik untuk loading. Anda bisa mengetes kecepatan website Anda dengan menggunakan Google’s Page Speed Insight Tool.

Tip 4 : Pastikan Bahwa Sistem Pengalihan Bekerja dengan Baik

Pastikan untuk selalu melakukan evaluasi pada seluruh konten setelah mengupload nya ke dalam website. Anda bisa melakukan tes sederhana dengan membuka website Anda melalui handphone untuk melihat secara langsung apa yang akan dirasakan oleh para pengguna lain. Bila sistem pengalihan Anda tidak bekerja dengan maksimal, maka hal ini akan membuat Anda mengalami kerugian yang cukup besar, dimana hal ini akan membuat para pengunjung tidak mau lagi untuk mengunjungi website Anda. Pada pertengahan tahun 2014, Google Webmasterl Central Blog menerbitkan sebuah artikel yang membahas mengenai solusi dari permasalahan ini.

Tip 5 : Pergunakan Kata Kunci untuk Pencarian secara Mobile

Seperti yang telah dibahas sebelumnya, pencarian secara mobile pada umumnya menggunakan kalimat yang panjang dalam bentuk percakapan atau pertanyaan. Para pencari juga terbiasa menggunakan metode pencarian dengan suara, yang membuat proses pencarian bisa berlangsung lebih lama karena pada umumnya proses pencarian tersebut dinyatakan dalam bentuk pertanyaan. Para pencari informasi secara mobile ini juga sering mencari mengenai informasi lokal. Hal ini perlu menjadi salah satu perhatian utama dan bisa dimanfaatkan dengan cara menggunakan sistem identifikasi geografis dalam konten Anda, untuk membantu dalam proses pencarian lokal, dan juga penggunaan tambahan konten yang memiliki kata kunci yang bisa menjawab jenis-jenis pertanyaan rutin yang sering ditanyakan oleh para pengguna.

Tip 6 : Penggunaan Iklan untuk Meningkatkan Kesadaran

Iklan berdasarkan pencarian adalah suatu hal yang unik, dimana sebuah merek akan diiklankan kepada para konsumen sesaat setelah konsumen tersebut menunjukkan ketertarikan pada jenis produk atau servis tertentu. Pada studi terbaru yang dilakukan oleh Google dan IpsosMediaCT menemukan bahwa iklan berdasarkan pencarian akan lebih meningkatkan tingkat pengenalan merek tertentu di kalangan para pencari. Hasil yang ada juga menunjukkan, bahwa terlepas dari apakah sang pengguna mengklik atau tidak mengklik iklan yang ada, tingkat kesadaran mereka mengenai keberadaan merek tersebut akan meningkat hingga mencapai 80%. Jika Anda memiliki dana yang cukup untuk mengiklankan usaha Anda, maka dengan perencanaan dan pelaksanaan yang baik, Anda bisa mendapatkan hasil yang cukup besar.

Terlepas dari bagaimana cara Anda melihatnya, tingkat penggunaan tablet dan Smartphone yang semakin meningkat saat ini membuat satu hal menjadi semakin jelas, dimana SEO mobile telah menjadi sebuah bentuk kekuatan yang harus diakui dan tidak diabaikan. Jika strategi SEO Anda tidak meliputi mobile SEO, maka sudah saatnya Anda melakukan perubahan saat ini juga.

Apakah Anda telah mengoptimalisasi website Anda untuk penggunaan secara mobile? Apakah Anda memiliki tips mengenai SEO mobile yang tidak disebutkan diatas? Berbagilah pengalaman Anda pada komentar di bawah ini.