Alat dan Strategi untuk Meningkatkan Jumlah Pengunjung ke Website Anda

Alat dan Strategi untuk Meningkatkan Jumlah Pengunjung ke Website Anda

Ini adalah era informasi. Pada tahun 2012, diperkirakan terdapat 51 juta website yang ada di internet dan ada sekitar 140 ribu website baru diluncurkan setiap harinya. Besarnya jumlah data ini membuat tingkat kesulitan untuk menemukan traffic yang relevan yang datang ke website Anda menjadi jauh semakin sulit. Jumlah pengunjung website atau traffic merupakan salah satu hal yang paling penting yang harus dihadapi oleh para pemilik bisnis digital, dimana dalam upaya untuk tetal relevan dalam dunia online, setiap perusahaan online harus terus menerus berkreasi untuk menarik perhatian para pengunjung.

Bagi banyak orang, kunci pemecahan masalah ini berada dalam konten dan juga sosial media. Anda mungkin sudah memiliki jaringan dalam sosial media seperti Facebook (bila Anda belum memilikinya, maka buatlah sekarang juga). Ada beberapa cara yang bisa Anda pergunakan untuk memperluas jaringan sosial media Anda dan juga konten yang Anda pergunakan seperti blog, untuk menarik lebih banyak perhatian tanpa harus menguras isi kantong Anda. Berikut ini adalah beberapa tips, alat dan juga tekhnik untuk mendorong semakin banyak pengunjung ke tempat Anda.

Meningkatkan Jumlah Pengunjung

Optimalisasi Blog dan Berkomunikasi dengan Para Bloggers

Anda telah bekerja keras untuk menciptakan sebuah website yang informatif dan juga mudah untuk dinavigasi, dan sekarang Anda perlu bergerak ke tahap selanjutnya. Jangan terjebak pada prinsip lama yang mengatakan “jika kamu membangunnya, maka mereka akan datang”. Prinsip ini merupakan antitesis dari strategi marketing yang sebenarnya. Salah satu tiket untuk bisa mendapatkan perhatian yang Anda inginkan adalah dengan bermain di seputar konten atau isi website Anda. Blogging dan menerbitkan artikel, video, penggunaan infografik, slideshow, eBook dan juga bentuk konten lain yang saling berhubungan adalah salah satu cara yang sangat bermanfaat bagi para pengguna untuk menemukan informasi mengenai perusahaan Anda.

Membuat sebuah post di Facebook dan mengabaikannya begitu saja tidaklah cukup. Tidak ada salahnya membagi kreasi konten Anda di dunia sosial media, namun Anda membutuhkan strategi yang lebih menyeluruh. Beberapa langkah penting yang bisa Anda lakukan untuk mengoptimalisasi konten Anda untuk mendorong peningkatan jumlah pengunjung adalah:

  • Berfokus pada kata kunci yang panjang dan spesifik, yang saat ini semakin sering dipergunakan seiring dengan perkembangan tekhnologi Smartphone dan terbukti sangatlah penting bagi peningkatan SEO. Pastikan post Anda mengandung kata dan kalimat yang relevan. Pilihlah kalimat panjang yang spesifik, yang merupakan kalimat yang dipergunakan oleh target konsumen Anda
  • Optimalisasilah headline atau judul dari post Anda, sebagai salah satu cara untuk menyampaikan kepada para pembaca mengenai isi dari post tersebut dan juga untuk menggugah rasa ingin tahu mereka. Setiap pengguna internet memiliki selera mereka sendiri terhadap sebuah konten. Anda bisa menggugah rasa ingin tahu mereka dengan cara menciptakan judul yang unik dan menarik. Namun pastikan agar judul tersebut relevan dengan konten dari post tersebut atau hal ini malah akan menjadi masalah bagi Anda.
  • Melakukan promosi blog post pada daftar email Anda dan bergabunglah dengan sebuah komunitas blogging. Website seperti ProBlogger adalah salah satu alat yang sangat berharga, yang bisa Anda pergunakan untuk terhubung dengan blogger lain yang memiliki ketertarikan yang sama dengan isi atau konten website Anda. Dengan melakukan komunikasi seperti ini, terbuka kemungkinan besar bahwa konten Anda akan mendapatkan pengunjung yang relevan. Sebagai tambahan, jika ada seseorang yang sudah terhubung dengan website Anda, Anda bisa berinisiatif untuk membuka komunikasi dan menjajaki peluang promosi di tempat tersebut.

Maksimalkan Penggunaan Sosial Media

Sosial media merupakan media terbaik bagi perusahaan untuk mempromosikan konten mereka. Situs seperti Facebook menyediakan sebuah platform bagi para pelaku bisnis untuk berbagi konten dan informasi dengan orang-orang yang memiliki ketertarikan pada sebuah bidang tertentu. Namun, membuat posting ke Facebook bukanlah akhir dari upaya mempromosikan sebuah usaha. Ada beberapa cara untuk mengembangkan kampanye sosial yaitu dengan cara:

  • Buatlah sebuah grup Facebook yang sesuai dengan tema bisnis yang Anda usung, dimana para anggotanya bisa mendapatkan dukungan dari anggota yang lain, bebas untuk menanyakan pertanyaan dan juga untuk membangun komunitas tersendiri yang berfokus pada tema tersebut. Membangun grup seperti ini akan memberikan berbagai kesempatan bagi Anda untuk mengarahkan para anggotanya menuju website Anda, dan secara tidak langsung merupakan salah satu upaya untuk mendapatkan lebih banyak pelanggan.
  • Membuat post di Reddit. Pengguna Reddit bisa mendapatkan manfaat yang saat besar dari sebuah ide yang mereka luncurkan di waktu yang tepat. Salah satu contohnya adalah manfaat yang bisa didapatkan dari sebuah posting mengenai penderita kanker stadium lanjut ini. Reddit sendiri bisa dikategorikan sebagai sumber kampanye yang belum banyak dipergunakan oleh perusahaan-perusahaan yang ada saat ini. Tingkat loyalitas dan popularitas dan Reddit bisa menjadi tambang emas untuk segala upaya Anda.
  • Buatlah sebuah akun You Tube. Dari semua platform sosial media, You Tube memiliki jumlah pengguna yang paling aktif. Saat seorang pengguna You Tube mencantumkan link mereka, maka pada umumnya mereka akan mendapatkan setidaknya 3 halaman per kunjungan. Hal ini merupakan sebuah indikasi bahwa You Tube bisa membantu mengirimkan pengunjung yang relevan ke website Anda. Jika saat ini Anda belum memiliki sebuah konten dalam bentuk video, maka buatlah sekarang juga.

Update Status di Facebook bisa meningkatkan Traffic

Jika Anda memiliki blog, Anda harus membuat update status untuk meningkatkan jumlah pengunjung. Facebook tidak akan menampilkan update status Anda kepada seluruh follower, namun ada beberapa trik yang bisa membantu meningkatkan tingkat konversi dan jangkauan Anda:

  • Pergunakan kalimat khusus yang akan menarik rasa ingin tahu pembaca. Saat Anda berhasil menarik perhatian pembaca tanpa memberikan seluruh informasi atau data yang ada, Anda akan mendorong mereka untuk datang dan berkunjung ke blog Anda. Dari sana Anda bisa menarik perhatian pengunjung dengan berbagai artikel lainnya.
  • Tidak ada salahnya untuk mengulangi update status dengan judul yang sama, mengingat hanya sebagian kecil dari para followers yang akan membacanya pada saat Anda melakukan update pertama kalinya. Anda bisa mengulangi update status dalam interval waktu tertentu, namun jangan terlalu berlebihan.
  • Berikan link ke blog Anda pada halaman “About” di akun Facebook Anda. Sangatlah mengejutkan bahwa ternyata ada banyak sekali bisnis yang tidak memanfaatkan halaman ini. Facebook menyediakan ruang yang cukup luas dimana Anda bisa meletakkan informasi mengenai bisnis Anda, jadi manfaatkanlah sebaik-baiknya.

Mendapatkan jumlah pengunjung yang banyak merupakan sebuah hal yang cukup sulit untuk dicapai tanpa adanya pengetahuan yang cukup. Pastikan bahwa konten Anda telah teroptimalisasi, dimana hal ini akan memperbesar kemungkinan adanya peningkatan jumlah pengunjung ke website Anda, yang merupakan sebuah kesempatan bagi Anda untuk merubah para pengunjung menjadi konsumen.

Taktik apa yang telah Anda buktikan mampu untuk Meningkatkan Jumlah Pengunjung ke Website Anda?

https://webseoindonesia.net

Bagaimana penggunaan sosial media mempengaruhi jumlah pengunjung ke website Anda? Silahkan berikan komentar Anda di bawah ini