Apa Itu AMP HTML tag ?

AMP HTML tag

Hingga saat ini pembahasan tentang AMP (Accelerated Mobile Pages) masih hangat dibicarakan oleh banyak orang di internet, terutama oleh blogger. Ketika saya pertama kali memasuki dunia blogger dan optimasi SEO, saya tidak mengerti apa-apa, tidak mengerti apa yang harus dikuasai blogger. Tetapi dunia blogger tidak sesempit lapangan sepak bola yang setiap sudutnya memiliki garis pemisah. Semua informasi dapat diperoleh dengan mudah tanpa batas melalui internet, termasuk diskusi tentang Laman Seluler yang Dipercepat (AMP).

AMP HTML tag

Apa itu AMP?

Berikut adalah beberapa penjelasan tentang istilah atau pemahaman tentang laman seluler yang dipercepat (AMP).

  1. Istilah AMP adalah singkatan dari Bahasa Inggris “Laman Seluler Dipercepat” jika diterjemahkan dalam bahasa Indonesia berarti “Halaman Seluler Dipercepat”.
  2. Google AMP adalah proyek terbaru Google yang dikembangkan bersama para pakar teknologi melalui diskusi bersama untuk menciptakan inovasi baru yang memungkinkan pengguna untuk lebih cepat mengakses informasi melalui seluler.
  3. AMP HTML adalah struktur web yang dirancang khusus seminimal mungkin agar pemuatan halaman lebih ringan dan lebih cepat.
  4. AMP diperkenalkan sejak akhir 2015 tepatnya pada 7 Oktober 2015 dan sebenarnya dirilis pada 24 Februari 2016.
  5. AMP adalah jenis aplikasi open source yang memungkinkan pengguna untuk secara bebas menjelajahi, memodifikasi, dan mendistribusikan sesuai dengan kebutuhan pengguna.

Itulah yang saya simpulkan tentang istilah AMP. Jadi pada dasarnya AMP adalah pengembangan teknologi terbaru oleh proyek Google untuk membangun halaman web sehingga lebih cepat dan lebih ringan yang berspesialisasi pada perangkat seluler. AMP dikembangkan melalui studi kasus pada pengguna internet di seluruh dunia. Bahwa kecepatan rata-rata situs web diakses lebih cepat melalui desktop dan lebih lambat jika diakses melalui ponsel. Sementara pengguna internet lebih banyak dan aktif menggunakan ponsel. Akhirnya, pengguna internet baik penerbit dan pembaca merasakan dampak negatif dari lambatnya akses ke situs web.

Untuk menjawab semua masalah, kehadiran AMP memberikan jalan keluar bagi pengguna internet. Dengan hadirnya AMP, pembaca dapat menemukan informasi dengan cepat tanpa mengurangi konten informasi dan merasa lebih nyaman menjelajahi konten situs web. Manfaat kehadiran AMP juga sangat dirasakan oleh penerbit atau penyedia informasi. Dimana dengan blog AMP yang memiliki loading cepat akan meningkatkan nilai SEO di mata Google. Nilai SEO yang tinggi meningkatkan kemungkinan konten berada di halaman utama mesin pencari (search engine) sehingga kemungkinan pengunjung akan melihat dan menemukan informasi yang diinginkan. Dengan demikian peringkat blog menjadi lebih baik.

Apa itu AMP HTML TAG ?

Ada satu komponen penting yang perlu dipertimbangkan dan dipelajari jika kita ingin menggunakan AMP di blog atau situs web kita, AMP HTML TAG. Komponen inilah yang membangun struktur blog menjadi AMP yang valid. Saya akan mencoba menjelaskan sedetail mungkin sehingga selanjutnya dapat membedakan antara web AMP yang valid dan web non-AMP. Sederhananya HTML adalah bahasa pemrograman web standar yang disusun untuk menampilkan halaman web. Bahasa ini dalam bentuk simbol dan kode yang dirancang khusus untuk membangun halaman situs web.

Lebih mudah tentang HTML kami menggambarkannya seperti ini; Orang Inggris memiliki bahasa Inggris, orang Arab memiliki bahasa Arab, orang Cina memiliki bahasa Cina. Untuk menyampaikan pesan kepada mereka, kita harus menggunakan bahasa masing-masing. Yah, situs web juga memiliki bahasa khusus sendiri, HTML. Seperti dijelaskan di atas, AMP HTML adalah elemen khusus yang dirancang untuk mempercepat halaman web. Jadi ada aturan khusus untuk AMP HTML yang berbeda dari HTML biasa pada umumnya. Inilah yang akan cukup merepotkan bagi pengguna AMP, karena AMP HTML belum akrab di antara pengguna situs web (pengembang).