Apa itu Konten Berkualitas Rendah ? Dan Kenapa GOOGLE Membencinya?

Apa itu Konten Berkualitas Rendah ? Dan Kenapa GOOGLE Membencinya?

Hmm..Pertanyaan seperti diatas sepertinya memang patut di diskusikan bersama-sama disini.

Google sangat membenci website yang memiliki Konten Berkualitas Rendah dan terus meluncurkan metode atau algoritma baru untuk menghukum website-website yang terus mempromosikan konten website seperti itu dalam upaya para pemilik website untuk membuat peringkat website mereka lebih tinggi dalam hasil pencarian mesin pencari.

Mengapa Konten Berkualitas rendah Tidak Baik bahkan Buruk bagi Bisnis Agan?

Yapp..Percaya atau ngga..tapi rasanya agan kudu percaya..hehee..konten website seperti ini akan sangat membahayakan hubungan Agan dengan Mbah Google untuk jangka panjang nanti gan..konten website seperti artikel,gambar maupun video yang berasal dari hasil comot dan copas sana sini atau mungkin saja di buat secara asal-asalan akan memberikan dampak yang buruk buat website kita,karena hal-hal seperti ini telah cukup lama di larang oleh GOOGLE dan bahkan Matt Cutts dari Divisi Anti Spam Google sangat giat membasmi website-website yang memiliki konten seperti ini!!

Selain itu, apa dampak Konten Berkualitas Rendah terhadap audiens atau pengunjung website Anda? Sebuah pandangan mendalam pada masalah ini mengungkapkan bahwa Konten Tidak Berkualitas merupakan masalah serius yang akan menjadi bom waktu,salah satunya adalah membuat audiens website Agan kecewa dan dengan cepat akan meninggalkan website Agan dengan segera!.

Untungnya, saat ini kita dapat mengatasi semua masalah sepertiini dengan mulai menganalisis konten website kita dari sudut pandang mesin pencari.Nanti akan kita bahas soal ini pada artikel lainnya di blog ane ini.

Apa sebenarnya Hubungan antara Google Panda dan Konten Berkualitas Rendah?

Sebenarnya,Google telah bermurah hati memberikan penjelasan tentang hal ini :

Konten Tidak Berkualitas atau Konten Berkualitas Rendah umumnya berarti halaman web dengan konten (artikel/gambar/video) yang sangat sedikit atau bahkan tidak memiliki nilai atau manfaat bagi pengunjung website tersebut.

Dengan kata lain, Konten Berkualitas Rendah gagal untuk memberikan pengalaman atau manfaat postif bagi para pembacanya dan serta tidak membuat pembaca Blog atau website Agan itu menjadi lebih pintar dengan mengunjungi website Agan tersebut.

Jenis halaman website yang berkualitas rendah dapat dipisahkan menjadi beberapa kategori:

  • Halaman web afiliasi yang tidak berbobot atau tidak memberikan manfaat bagi pengunjung website tersebut
  • Halaman Doorway atau Web Redirect  (Contohnya Beberapa Domain yang berbeda namun di arahkan ke sebuah website tertentu yang artinya domain-domain tersebut memiliki konten yang sama)
  • Halaman website yang terdiri dari konten yang “dipinjam” dari sumber website online lainnya (contoh halaman website yang mengambil separuh atau seluruh kontennya dari website lain)
  • Halaman website yang menampilkan konten yang dihasilkan secara otomatis (Auto Generated Contents)

Sumber : https://support.google.com/webmasters/answer/2604719?hl=en

Konten Berkualitas Rendah

 

Jadi,ketika Agan mulai mengembangkan sebuah website dan lalu mencoba mengoptimalkan situs Agan tersebut,Agan harus mengikuti satu aturan yang sangat sederhana seperti :

Jangan pernah membuat konten website Agan itu menjadi bambu yang merupakan makanan lezat bagi Google Panda yang akan memakan habis website Agan kapan saja!! 😀

Konten tidak berkualitas atau konten berkualitas rendah sudah tentu akan berdampak pada peringkat website Agan di hasil pencarian Google atau mungkin search engine lainnya.

Dalam upaya untuk memastikan pengalaman yang lebih memuaskan bagi pencari informasi online melalui Mesin Pencari GOOGLE, Google mendukung setiap website online yang menyediakan konten yang bermanfaat, relevan dan asli bagi para pembaca atau pengguna website tersebut.

Konten Tidak Berkualitas atau Konten Berkualitas Rendah adalah Makanan Favorit Google Panda !!

Menurut beberapa para pakar Internet Marketing dan praktisi SEO di beberapa Negara,konten tidak Berkualitas atau Konten Berkualitas Rendah adalah masalah yang relatif umum untuk pemilik beberapa situs berskala besar seperti web direktori, situs e-commerce atau situs publisher yang memiliki ribuan atau bahkan jutaan halaman di dalam websitenya.

Ketita mulai membangun sebuah website,biasanya kita ingin cepat-cepat memenuhi website kita dengan konten dengan cara yang cepat.dan biasanya inilah pemicu kita untuk melakukan posting produk atau artikel dengan mengabaikan KUALITAS dari posting itu sendiri..Kita hanya ingin KUANTITAS posting di Blog atau website kita terlihat banyak oleh GOOGLE..dan akhirnya menghalalkan segara cara dengan melakukan COMOT sana sini COPAS sana sini dalam mengisi konten web kita…hehee..bener kan? Soalnya ini pengalaman pribadi ane juga gan 😀

Nah..ini lah yang akhirnya akan menyebabkan website agan di incar dan di buru oleh peliharaan GOOGLE yang bernama Panda itu..web agan bakalan di makan dengan nikmatnya oleh google panda alias bakalan di tending dari SERP hingga mungkin saja akan langsung di hapus sama sekali dari serp (deindex).!!

The Internet Marketing driver memberikan tiga contoh yang cukup jelas kepada kita mengenai arti Konten yang tidak berkualitas :

  • Konten buruk yang tidak memiliki manfaat yang jelas untuk pembaca yang di upload ke sebuah situs
  • Halaman dengan video atau gambar yang mempromosikan konten bekualitas rendah (Biasanya berisi kurang dari 2 paragraf) dan Konten tersebut adalah hasil copy paste dari website lain.
  • Update Konten artikel yang pendek yang tidak memberikan nilai bagi pembaca untuk di baca atau di nikmati.

Ketiga contoh diatas telah memberikan gambaran bahkan fakta yang menjelaskan bahwa GOOGLE sangat tidak menyukai konten singkat dan juga tata bahasa yang terlalu asal yang biasanya merupakan indikator bahwa konten tersebut tidak berkualitas

Jika kondisi ini terjadi pada website agan,dalam artian banyak konten tidak berkualitas tinggal di website agan,cepat atau lambat.. ane hampir bisa jamin..website agan bakalan di tendang GOOGLE dari SERP!

Copas sana sini ketika posting emang berasa enak..tapi terlalu sia-sia untuk di lakukan kalo kita berpikir bisnis online kita adalah bisnis jangka panjang ! Jadi,Please..jangan lakukan itu gan ! 🙂

 

Moz juga telah menjelaskan begitu jelasnya mengenai bahayanya Konten berkualitas rendah,mereka memecahnya menjadi beberapa kategori :

  • Konten 100% Duplikat :

Meng copy seluruh halaman di dalam situs web Agan untuk memasangnya di Halaman lain website Agan atau bahkan memasangnya di website-website lain milik Agan lainnya dengan tujuan untuk promosi misalnya..Hal ini akan mengurangi Nilai kualitas konten website agan karena konten website agan menjadi memiliki duplikat konten.

Singkatnya,TIDAK BOLEH ada sama sekali duplikasi konten untuk setiap halaman website yang ada di situs kita.Dan jika telah terjadi hal seperti,sebaiknya SEGERA Agan singkirkan semuanya sesegera mungkin !!

  • Konten Setengah Duplikat :

Agan mengcopy sedikit konten (missal 1-2 paragraf) yang ada di salah satu halaman website Agan dan kemudian memasangnya pada halaman atau posting Agan yang lain di website yang sama atau pun website lain miliki agan.

Biasanya kasus seperti ini terjadi pada website-website toko online.DI karenakan menjual produk yang mirip di beberpa halaman berbeda,para pemilik web ini melakukan copy paste 1-2 baris kata yang ada di posting pertama untuk kemudian memasangnya pada posting produk lainnya yang memiliki kemiripan dan biasanya,pemilik web hanya menambah kata-kata lain seperti Warna atau Ukuran produk tersebut,

Biasanya hal ini dilakukan oleh para pemiliki web toko online untuk menghemat waktu..Ini terjadi di banyak website milik klien-klien ane juga sih dulu 😀 atau agan juga melakukannya ? wkwkk..jangan ya..karena ini tidak diterima dengan baik oleh Om Google gan ..:D

Demi melindungi Nama baik dan peringkat website agan di hasil pencarian google,baiknya agan hindari duplikat konten jenis ini sekalipun.Jika memang terpaksa melakukan copy paste konten seperti ini,sebaiknya agan menggunakan META NOINDEX untuk halaman yang menggunakan konten hasil copas ini.Dan Agan hanya focus melakukan optimasi pada halaman website yang benar-benar Original,Unik dan bermanfaat untuk pembaca!

  • Website dengan Tingkat Keunikan Konten yang rendah

Jika kondisi website Agan dalam keadaan kontennya lebih banyak HASIL COPAS dari pada konten Original yang memberikan nilai atau manfaat bagi pembaca blog atau website agan,maka sebanrnya agan seperti orang yang tidak ingin menjaga pembaca dan search engine untuk bersahabat dengan agan..dan sebaiknya agan mulai pikirkan kembali untuk menata kembali website agan dengan segera menggantinya dengan konten-konten yang lebih berkualitas dan unik sebelum semuanya terlambat.:)

  • Website yang memasang terlalu banyak IKLAN

Apa selama ini Agan adalah seorang Blogger yang mencoba mendapatkan penghasilan besar dari pemasangan iklan di blog atau website agan?

Jika benar,ane harap agan tidak berlebihan memasang banner,iklan baris,ppc atau jenis iklan lain di website Agan hanya demi untuk mendapatkan penghasilan lebih,alih-alih memanen hasil kerja Agan,justru agan hanya akan menanti hukuman dari Google suatu waktu menimpa website Agan dikarenakan website Agan di nilai terlalu penuh dengan iklan di bandingkan dengan jumlah konten berkualitas yang ada di website Agan! So,Hati-hati mengenai ini ya gan,karena si Om GOOGLE ga suka gan 😀

3 Cara Untuk Menghindari Hukuman Dari Om GOOGLE karena Konten Berkualitas Rendah ada di website kita

Jika konten tidak berkualitas adalah masalah serius yang harus kita hindari,bagaimana cara menambah bobot kualitas konten website kita? Kita bisa mulai dari mengikuti Pedoman dari GOOGLE berikut ini:

  • Periksa Website Agan..Apakah mengandung duplikat konten dan Auto generate yang dihasilkan oleh software tertentu di website bisnis agan ?
  • Hindari dan buang konten yang kurang berkualitas yang isinya hanya di dominasi oleh link-link afiliasi agan contohnya..
  • Nilai konten website agan sendiri. Apakah konten tersebut akan memberikan manfaat bagi pembaca jika seseorang membacanya?

 

Setelah melewati 3 langkah diatas,ane jamin website agan bakalan aman dari si panda dan bisnis agan akan berumur panjang dan berpotensi memberikan hasil yang Agan harapkan..Dan jika memang kebetulan website Agan sudah keburu ketauan menggunakan konten tidak berkualitas dan lalu di hukum oleh si mbah..setelah melewati tahapan di atas,segera ajukannya peninjauan kembali website agan..biasanya website agan akan kembali di berikan kesempatan untuk melanjutkan bisnis 🙂

 

Keep original dan jangan pernah malas untuk membuat konten ya gan..sukses buat kita semua !