Cara Mengetahui saat Website terkena Penalti GOOGLE

penalti google

Penalti GOOGLE merupakan momok yang menakutkan bagi semua pebisnis online di seluruh dunia,terutama bagi mereka yang melakukan link building atau optimasi terhadap website atau blognya.Google merupakan sebuah mesin pencari raksasa yang terus menerus melakukan inovasi, pembaharuan dan melakukan peningkatan pada sistem algoritma yang mereka pergunakan untuk meningkatkan kepuasan para pengguna secara umum. Hal ini terlihat jelas pada tindakan Google baru-baru ini dengan melakukan pembaharuan pada Panda dan Penguin, yang mereka beri nama “Update Berkualitas”.

Beberapa perubahan juga terjadi beberapa bulan kemudian dengan adanya update mobile pada sistem internet Mobilegeddon. Hal ini dilakukan menyusul perubahan yang Google lakukan beberapa bulan sebelumnya, yaitu pada bulan Februari, dimana Google melakukan update terbaru pada sistem algoritma mereka.

Terlihat dengan jelas adanya sebuah pola disini. Google yang secara berkala melakukan perubahan pada aturan main mereka membuat banyak pemilik bisnis yang beroperasi secara online memilih untuk sedikit membengkokan aturan yang ada untuk mendapatkan keuntungan dalam bentuk rangking yang lebih baik di SERP.

Update yang dilakukan oleh Google pada sistem Panda dan Penguin telah membuat banyak website mendapatkan penalti google karena ditemukan banyak website yang ternyata tidak menuruti aturan main yang telah ditetapkan oleh Google.

Saat hasil pencarian organik sebuah website turun drastis seperti balon yang kehabisan udara, maka banyak orang yang mulai panik dan mencari cara untuk mengetahui akar permasalahan yang sebenarnya. Upaya untuk menyewa jasa SEO dengan tarif yang mahal bisa dijadikan salah satu solusi pemecahan masalah, namun hal ini tidak selalu diperlukan. Hal pertama yang perlu dilakukan oleh para pemilik bisnis adalah mengumpulkan informasi mengenai aturan main dari Google dan juga praktek SEO yang paling baik. Hal yang terdengar sangat sederhana ini ternyata bisa dipergunakan untuk mengatasi berbagai masalah. Untuk membantu para pemilik bisnis dalam menghemat waktu, biaya dan juga menghindari stress, berikut ini adalah beberapa informasi yang bisa Anda pergunakan untuk mengetahui apakah website Anda telah dipenalti atau tidak, cara mengetahui jenis penaltinya dan bagaimana cara untuk memulihkan website Anda agar bisa kembali meraih posisinya di halaman mesin pencari Google.

Tipe Penalti Google

Ada dua tipe penalti yang berbeda yang mungkin didapatkan oleh sebuah website.

  • Penalti yang pertama adalah Penalti Manual. Tipe yang satu ini dapat dengan mudah diidentifikasi karena Google akan memberikan notifikasi pada Konsul Pencarian, yang akan memberikan informasi kepada pemilik bisnis mengenai bagian website yang terkena penalti, apakah hanya pada halaman tertentu ataukah pada keseluruhan website. Notifikasi yang ada akan memberikan informasi mengenai permasalahan yang sebenarnya dan mungkin juga memberikan contoh dari permasalahan tersebut.

Hal ini pastinya akan menurunkan rangking atau peringkat sebuah website di SERP dan mungkin saja menghilangkannya dari daftar isi. Sayangnya, jenis penalti seperti ini cukup sulit dan akan memakan waktu cukup lama untuk bisa diperbaiki. Namun disisi lain, Google telah menyediakan alat yang bisa dipergunakan untuk menghilangkan penalti tersebut. Para pemilik website harus bersabar dengan seluruh proses yang ada, dimana kesabaran serta kerja keras mereka akan terbayar lunas nantinya.

  • Tipe penalti yang kedua yang mungkin didapatkan oleh sebuah website adalah penalti Algoritma. Sayangnya, jenis penalti ini jauh lebih sulit untuk diidentifikasi dibandingkan dengan penalti manual karena tidak ada notifikasi dari pihak Google mengenai permasalahan ini. Salah satu ciri pertama yang bisa dikenali adalah adanya penurunan dalam jumlah traffic atau jumlah pengunjung ke sebuah website. Hal ini sendiri sebenarnya bisa disebabkan oleh banyak hal dan tidak bisa dijadikan patokan utama untuk menentukan bahwa website tersebut telah terkena penalti. Oleh karena itu, sangatlah penting bagi para pemilik website untuk memahami pola dan siklus dari jumlah pengunjung di website itu sendiri.

Bila penurunan traffic atau jumlah pengunjung itu bisa dipastikan tidak memiliki hubungan dengan permasalahan lain, maka sudah saatnya untuk mengecek peringkat dari website tersebut. Jika memang website tersebut terkena penalti algoritma, maka seluruh grup kata dan kalimat akan terkena dampaknya. Dengan mempergunakan laporan rinci dari Google Search Console, setiap orang bisa melakukan asessmen dan menentukan apakah ada kata atau kalimat yang dipergunakan dalam website telah mengalami penurunan peringkat.

Jika website Anda mengalami penurunan jumlah pengunjung yang sangat signifikan dan juga adanya penurunan posisi di SERP, kemungkinannya adalah website Anda telah mendapatkan penalti algoritma. Namun, dengan begitu banyaknya perubahan dan penyesuaian aspek di sistem algoritma yang dipergunakan Google, muncul pertanyaan mengenai aspek mana yang membahayakan website itu sendiri.

penalti google

Mendiagnosa Penyebab Masalah Penalti Google

Dengan adanya berbagai perubahan dan pembaharuan yang dilakukan Google terhadap sistem algoritma mereka, menentukan akar permasalahan yang sebenarnya merupakan sebuah tugas yang cukup sulit. Setiap tahunnya, ada sekitar 500 buah update yang dilakukan oleh Google, sehingga menemukan satu hal yang menyebabkan turunnya tingkat visibilitas website Anda di internet sama sulitnya dengan mencoba menemukan sebatang jarum di tengah tumpukan jerami, terutama bila Anda tidak mempergunakan Google Analytics.

Google Analytics adalah sebuah alat yang sangat bermanfaat untuk membantu Anda dalam melakukan pekerjaan menjaga tingkat kesehatan sebuah website. Selain itu, Anda juga bisa menemukan berbagai alat dan aplikasi lainnya, yang bisa Anda pergunakan untuk membantu Anda dalam menentukan perubahan algoritma mana yang telah memberikan efek negatif pada website Anda dan membuat Anda mendapatkan penalti.

Salah satu alat berbayar yang sangat berguna dan akan membantu Anda dalam menghemat waktu adalah alat Google Penalty Checker. Anda cukup menyediakan berbagai data yang Anda dapatkan dari Google Analytics dan Anda akan menerima sebuah laporan detail mengenai segala jenis penalti dan juga persentase yang mengindikasikan kemungkinan bahwa sebuah jenis penalti tertentu telah dijatuhkan kepada website Anda.

Hal-hal ini bukanlah sebuah tugas yang mudah untuk dilakukan namun sangatlah penting agar Anda bisa selamat dan tetap bertahan di ketatnya dunia persaingan internet. Bisa sebuah masalah penalti tidak segera diatasi dalam jangka waktu tertentu, maka perusahaan atau bisnis Anda akan mengalami kerugian secara finansial akibat adanya penurunan dalam tingkat visibilitas Anda di website dan juga karena adanya penurunan dalam jumlah pengunjung. Masalah penalti ini memang cukup berat, dan begitu juga upaya untuk menghilangkan penalti ini, namun sangatlah mungkin bagi Anda untuk mendapatkan kembali posisi Anda semula di SERP.

Mendapatkan salah satu jenis penalty dari Google ini bukanlah hal yang menyenangkan, namun hal ini cukup sering terjadi pada beberapa website..

Hal yang bisa Anda lakukan adalah mempelajari cara untuk bermanuver dan menyelesaikan masalah ini sekarang, yang akan memberikan Anda kemampuan lebih untuk bisa mengatasi permasalahan yang sama, yang mungkin saja akan terjadi di masa yang akan datang.

Apakah ada cara atau metode-metode lain yang telah kamu pergunakan untuk mengatasi permasalahan penalti google ini?