Search Rankings dan Website Speed

Search Rankings dan Website Speed

Search Rankings dan Website Speed

Google terus menerus memodifikasi algoritma untuk mengurutkan situs-situs bedasarkan relvelansi keyword, dan Keyword sementara, Backlinks selalu memiliki bagian besar dalam hal bobot web, dan faktor yang tampaknya lebih kecil diperhitungkan, misalnya Kecepatan Website, anda mungkin akan bertanya- tanya apa hubunganya dengan Search Rankings, tapi sebenarnya merupakan faktor yang mempengaruhi posisi anda di Google.

Bagaimana Kecepatan Website mempengaruhi Rankings

Pertama, jika anda mengharapkan kecepatan Website dapat memengatruhi peringkat anda dalam jangka besar, jadi kita harus mengklarifikasikan bahwa bukan begitu, sementara yang kedua berhubungan, anda tidak akan menemukan hubungan langsung, seperti Website yang peringkatnya rendah mungkin akan memuat halamannya menjadi lebih cepat atau sebaliknya.

Hasil tergantung pada metrik yang anda gunakan untuk mengukur kecepatan Website, misalnya jika anda memperhitungkan waktu untuk memuat Byte pertama dari halaman, dan kemudian ternyata hal ini adalah faktor yang sangat besar karena Website yang memiliki kecepatan yang bagus biasanya memiliki posisi yang tinggi di Google.

Jika anda menghitung metrik yang lan, yaitu waktu yang diperlukan untuk memuat konten utama atau memuat halaman yang lengkap (dengan gambar dan iklan pada halaman Website), maka hal itu berubah karena kedua faktor itu  bukan bagian penting bagi Google.

Secara keseluruhan, bahwa kecepatan Website hanya memiliki efek kurang dari 1 persen saja pada pengaruh peringkat di Google. Google sendiri telah mwngumumkan bahwa mereka mengambil perhtungan kecepatan Website, akan tetapi mereka mengukapkan secara keseluruhan rincian tentamng apa saja yang penting dalam mempengaruhi peringkat di Google.

Namun, banyak situs- situs yang melaporkan peningkatan Traffic (dari Search engine atau sebaliknya) setelah mengoptimasi kecepatan Website mereka, ini adalah alasan yang cukup kuat untuk melakukan hal yang sama, kecepatan Website adalah kunci untuk pengalaman para user, jika Website anda lambat, tidak ada alasan untuk tetap seperti itu, apa gunanya Traffic dari Search Engine, jika pengunjung Website anda harus menunggu 10 detik lebih untuk melihat seluruh konten anda, anda akan kehilangan banyak pengunjung.

Apa yang anda harus lakukan untuk meningkatkan kecepatan Website??

Jika anda ingin menigkatkan kecepatan Website anda, ada beberapa langkah yang anda harus jalani, pertama, anda harus mengukur kecepatan website anda, kalo tidak bagaimana anda tahu bahwa Website anda itu lambat.

1.Ukur Waktu Load Page Website anda

Untuk mengukur waktu muat, anda membutuhkan alat yang bagus, pilihannya pun cukup banyak, seperti  Pingdom Page Load Time tool dan Google Analytics Site Speed akam memberi informasi dari kinerja Website anda. WebPageTest adalah alat yang paling canggih karena memungkinkan untuk mengtest Website anda di Browser yang berbeda dan di Spot yang lambat pada situs anda.

Tes yang seperti ini memakan waktu yang cukup lama bagi Website yang besar, akan tetapi mereka memberikan data detil tentang bagian yang mana saja yang lambat, alat yang bagus tidak akan hanya meberikan informasi tentang kecepatan rata-ratanya saja tetapi, akan memberi informasi seperti Byte petama, User Time, waktu yang dibutuhkan untuk memuat website anda , HTML, Javascript files, dan lain-lain, data yang seperti itu akan berguna ketika anda ingin memperbaiki Spot yang bermasalah pada Website anda.

  1. Pindahkan ke Server yang lebih cepat

Salah satu alasan, mengapa website anda menjadi lambat adalah bahwa Hosting yang anda pakai berada di Server yang lambat. Tetapi masih banyak penyedia web hosting yang memiliki kapasitas server yang cepat, dengan berbagai jenis akun Hosting anda.

Jika Website anda lambat,solusinya mudah ialah dengan meng- upgade akun anda, misalnya, anda memiliki website yang besar dan memiliki banyak page dan masih menggunakan Shared Account  maka tidak ada yang bisa anda lakukan untuk meningkatkan kecepatan load page website. Dalam hal ini, jika anda inging meningkatkan kecepatan Load Page website anda adalah dengan meng-upgrade dari shared Account untuk VPS (Virtual Private Server) atau bahkan sampai ke Dedicated Server, akan tetapi biaya VPS dan Dedicated Server jauh lebih tinggi ketimbang anda bayar untuk shared Account.

  1. Optimasikan Code website anda dan images

Jika anda sudah memiliki server yang cepat, akan tetapi website anda sendiri masih lambat,hal  ini akan menjadi masalah dalam kecepatan load page website anda, jika Code dan Images anda tidak di optimasi untuk Loading cepat, anda tidak akan melihat peningkatan pada Website anda sampa anda memperbaikinya. Memperbaiki hal seperti ini bisa memakan waktu yang sangat lama, apalagi jika Code dan Images yang sudah membengkak, tapi anda harus tetap melakukannya, jika ingin anda peningkatan kecepatan pada Website anda .

Untuk Images, anda dapat menggunakan cara kompresi atau mengubahnya menjadi Size yang kecil, dengan cara ini dapat membantu kecepatan load page website. Untuk HTML, CSS, JavaScript, PHP dan bahasa web yang lainnya, anda dapat mencoba Ton Trik bagaimana cara mengoptimasi Website anda.

Kecepatan pada website bukanlah faktor yang penting dalam Search Engine Rankings, masalahnya ialah jika Website anda lambat adalah User akan menjadi kurang nyaman ketika sedang menjelajahi Web anda, jika anda tidak ingin mengeluarkan uang anda untuk meningkatkan Kecepatan Website, anda dapat meluangkan waktu untuk memperbaikinya sendiri, dan hal itu akan terbayar dalam jangka waktu panjang.

Semoga artikel menjadi bermanfaat dan menambah pengetahuan anda

Terima Kasih.